Administrasi dan Kebijakan Kesehatan (AKK)

KURIKULUM

BIDANG MINAT ADMINISTRASI KEBIJAKAN KESEHATAN

( A K K )

SEMESTER

KODE MK

MATA KULIAH

SKS

 

I

(15 SKS)

IKM–101

IKM–102

IKM–103

IKM–104

IKM–105

IKM–106

IKM–107

Administrasi & Kebijakan Kesehatan

Epidemiologi Kesehatan

Kesehatan Lingkungan

Gizi Kesehatan Masyarakat

Pendidikan Kesehatan & Ilmu Perilaku

(Promosi Kesehatan)

Biostatistika & Dasar Metodologi Penelitian

Kesehatan & Keselamatan Kerja

 

2

2

2

2

2

3

2

II

(14 SKS)

IKM–210

IKM–211

IKM–212

IKM–213

IKM–214

IKM–215

IKM–200

Analisis / Seminar Kebijakan Kesehatan

Perencanaan dan Evaluasi Kesehatan

Manajemen Rumah Sakit dan Puskesmas

Sistem Informasi Manajemen Kesehatan

Manajemen Strategis

Ekonomi Kesehatan

Manajemen dan Analisis Data

 

2

2

2

2

2

2

2

III

(13 SKS)

IKM–310

IKM–311

IKM–312

IKM–313

IKM–314

IKM– 315

IKM–316

Manajemen Sumber Daya Manusia

Seminar / Masalah Kesehatan

Manajemen Mutu Terpadu

Aspek Etik dan Hukum dalam Manajemen Kesehatan

Riset Operasional dan Analisis Sistem

Penelitian dan Penulisan Tesis

Analisis & Aplikasi Kebijakan Kesehatan

 

2

1

2

2

2

2

2

IV

(7 SKS)

IKM–400

IKM–500

Seminar

Penelitian / Tesis

1

6

 

 SILABUS MATA KULIAH BIDANG MINAT AKK

IKM – 101  Administrasi & Kebijakan Kesehatan                     

Dibahas konsep administrasi dan kebijakan kesehatan, perkembangan ilmu administrasi, organisasi dan manajemen, fungsi administrasi, metode analisis di bidang manajemen, tugas seorang manajer, beberapa metodologi perencanaan dan teknik evaluasi.

IKM 102     Epidemiologi Kesehatan

Dalam mata ajaran ini akan dibahas mengenai hal-hal yang sesuai dengan tujuan mata ajaran tersebut di atas, disampaikan dalam bentuk perkuliahan dan praktikum. Topik-topik perkuliahan adalah sebagai berikut : Jangkauan dan Perana Epidemiologi, Strategi Epidemiolgi, Ukuran Frekuensi Penyakit dan Standarisasi, Triad Epidemiologi, Data Epidemiologi dan Interpretasinya, Pengamatan Epidemiologi Deskriptif, Studi Kohort, Studi Kasus-Kontrol, Studi Intervensi, Investigasi Wabah.

 IKM 103     Kesehatan Lingkungan  

Mata kuliah ini dirancang untuk mahasiswa Pascasarjana S-2 Program Studi Ilmu Kesehatan Masyarakat, menyajikan bahasan tentang pengertian lingkungan secara umum, pengaruh lingkungan terhadap kesehatan perorangan maupun kesehatan masyarakat. Lingkungan mikro dan lingkungan makro; cara-cara menangani masalah kesehatan lingkungan.

IKM 104    Gizi Kesehatan Masyarakat

Mata kuliah ini di rancang untuk mahasiswa Pascasarjana S-2 Program Studi Ilmu Kesehatan Masyarakat, menyajikan bahasan tentang pentingnya gizi sebagai salah satu faktor yang berperan dalam menentukan taraf kesehatan masyarakat. Pengaruh kondisi lokasi dan ekologi terhadap penyebaran masalah gizi.

IKM 105    Pendidikan Kesehatan & Ilmu Perilaku (Program Kesehatan)

Didiskusikan mengenai filosofi, tujuan dan ruang lingkup pendidikan kesehatan, konsep-konsep dasar utama ilmu perilaku yang terpakai dalam upaya pendidikan kesehatan yang meliputi faktor determinan internal dan eksternal dan metode-metode utama pendidikan kesehatan yang mencakup strategi komunikasi, pengorganisasian dan pengembangan masyarakat serta pengembangan peran serta masyarakat. Aplikasi pendidikan kesehatan disajikan oleh berbagai instansi pemerintah maupun swasta. Kunjungan lapangan ke institusi yang mendidik masyarakat merupakan bagian penting dari mata kuliah ini. Selain itu, mata ajaran ini menguraikan prinsip-prinsip ekologi sejarah kesehatan lingkungan, berbagai kebijakan dan program kesehatan lingkungan diIndonesia. Juga menguraikan proses transportasi kesehatan lingkungan diIndonesia, serta prospek berbagai masalah kesehatan lingkungan masa yang akan datang.

IKM 106    Biostatistika & Dasar Metodologi Penelitian

Dalam mata ajaran ini, mahasiswa di ajak untuk memahami biostatistik dan dasar metodologi penelitian. Pengertian tentang probabilitas, populasi, sampel, teknik estimasi serta uji hipotesis akan di bahas secara praktis. Di samping itu, konsep dan pengertian dasar metodologi penelitian, estimasi dan proyeksi penduduk serta pemanfaatan penelitian di bidang kesehatan masyarakat juga akan di bahas.                       

IKM 107    Kesehatan & Keselamatan Kerja

Dibahas sejarah kesehatan kerja dan program inti yang meliputi surveilance kesehatan kerja, kesiapan penanggulangan kegawatan (emergency response).

IKM – 210    Analisis / Seminar Kebijakan Kesehatan

Dalam mata ajaran ini akan dibahas pengertian kebijakan, faktor-faktor yang mempengaruhi terjadinya kebijakan dan keterkaitan antara kebijakan dengan program, prinsip-prinsip dan proses analisis kebijakan program kesehatan, peserta program akan diminta untuk melakukan latihan analisis kebijakan pada topik / masalah tertentu.

Di bahas pula metode untuk melakukan analisis sistem dan ruang lingkup aplikasi kebijakan, termasuk didalamnya pemikiran tentang kebijakan dan strategi kesehatan untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat; sistem pelayanan kesehatan primer, sekunder dan tertier; peran pemerintah dan swasta dalam pelayanan kesehatan; dampak transisi demografi terhadap kesehatan, transisi epidemiologi dan transisi ekonomi, pembangunan kesehatan dalam pembangunan sosio ekonomi, kontoversi pemanfaatan teknologi tepat guna dalam kesehatan horizontal dan vertikal, pembiayaan dan alokasi biaya pelayanan kesehatan, serta “the fallacy of management information system” di bidang kesehatan.

IKM 211    Perencanaan dan Evaluasi Kesehatan

Mata kuliah ini dirancang agar mahasiswa memahami teori, konsep, metode dan teknik perencanaan strategik, program, penganggaran dan mampu melaksanakan penilaian, pengawasan dan pengendalian program pelayanan. Untuk dapat mengambil mata kuliah ini, mahasiswa harus sudah mendapat pengetahuan prasyarat berupa mata ajaran organisasi dan manajemen.

 IKM – 212    Manajemen Rumah Sakit dan Puskesmas

Dalam kuliah ini dibahas jaringan pelayanan kesehatan rumah sakit dalam sistem pelayanan kesehatan diIndonesia, dibahas pula organisasi, fungsi dan manajemen rumah sakit dalam konteks pelayanan rujukan kesehatan diIndonesia serta di bahas isu-isu rumah sakit (rumah sakit proaktif dan dampak krisis terhadap rumah sakit). Topik bahasan ini dari mata kuliah ini antara lain: Sejarah perkembangan rumah sakit di Indonesia; Peranan dan fungsi rumah sakit dalam sistem kesehatan rujukan; Organisasi rumah sakit; Perencanaan rumah sakit; Manajemen informasi kesehatan di rumah sakit; Rumah sakit swadana; Globalisasi dan rumah sakit proaktif; Dampak krisis ekonomi dan pelayanan kesehatan di rumah sakit; Indikator pelayanan dan evaluasi manajemen dan pelayanan rumah sakit; serta isu-isu lain tentang perumahsakitan.

 IKM 213    Sistem Informasi Manajemen Kesehatan

Menerangkan pengertian, prinsip, konsep dan pengembangan Sistem Informasi Manajemen. Didiskusikan tentang aplikasi Sistem Informasi Manajemen Kesehatan. Dibahas kasus Sistem Informasi Manajemen beberapa tingkat manajerial kesehatan.

IKM 214    Manajemen Strategis

Mahasiswa akan melakukan presentasi kelompok tentang materi-materi yang akan diberikan yang berisi pentahapan manajemen strategis dan pada akhir perkuliahan mahasiswa akan menyusun proposal manajemen strategis pada organisasi kesehatan.

IKM 215    Ekonomi Kesehatan

Membahas dasar teori ekonomi makro; teori anggaran, permintaan, pilihan dan penyediaan; keseimbangan pasar. Dibahas pula konsep dan kajian ekonomi yang diterapkan di bidang kesehatan; pengukuran dan perhitungan kebutuhan dan penyediaan pelayanan kesehatan; distribusi pelayanan kesehatan; subsidi pembiayaan; serta sistem asuransi kesehatan.

 IKM 200    Manajemen dan Analisis Data

Peserta mampu memanfaatkan perangkat lunak statistik untuk pemasukan data, pengolahan data sederhana serta analisis data penelitian.

 IKM 310    Manajemen Sumber Daya Manusia

 Membahas manajemen Sumber Daya Manusia (perencanaan, rekruitmen dan seleksi, sosialisasi, pendidikan dan pelatihan) di bahas pula riset Sumber Daya Manusia dan penilaian kinerja individu, kelompok dan organisasi rumah sakit.

Dalam mata ajaran ini dibahas mengenai filosofi, perencanaan dan proses pengelolaan ketenagaan pada organisasi kesehatan termasuk penerimaan dan seleksi, uraian tugas, prestasi kerja, kompensasi, team work, produktivitas dan hal-hal lain yang berhubungan dengan pengolahan tenaga kesehatan.

IKM 311    Seminar / Masalah Kesehatan

Konsep dan dasar-dasar penelitian dan statistik manajemen, jenis dan ciri kekhususan penelitian manajemen; kajian permasalahan manajemen di bidang kesehatan; industrialisasi dan kondisi kesehatan, globalisasi; transisi dan kondisi kesehatan; keterkaitan masalah kesehatan dan kebijakan kesehatan.

IKM 312    Manajemen Mutu Terpadu

Keberhasilan pembangunan nasional dan PJP-I tidak saja memberikan sumbangsih terhadap peningkatan derajat kesehatan dan terbentangnya infrastruktur kesehatan dari pelosok barat sampai ke ujung timur, tetapi juga peningkatan tingkat kesejahteraan manusiaIndonesia yang diukur dengan makin meningkatnya tingkatan pendapatan per kapita dan tingkat pendidikan. Kesemuanya memberi dorongan pada seluruh jajaran profesi kesehatan masyarakat untuk bergegas meningkatkan mutu pelayanannya. Pertama, semakin tinggi pendidikan seseorang akan semakin sadar akan segala kepentingannya, termasuk kesadaran akan kesehatannya. Kedua, meningkatnya kemampuan seseorang memberi kesempatan untuk memilih pelayanan kesehatan yang terbaik baginya, dengan kata lain mempunyai kemampuan tawar yang lebih tinggi. Ringkasnya semakin sejahtera seseorang, semakin tinggi kesadaran egaliternya.

 IKM 313    Aspek Etik dan Hukum dalam Manajemen Kesehatan

Mata kuliah ini dirancang untuk jalur science (bukan spesialisasi). Hukum kesehatan tidak hanya bersumber pada ketentuan peraturan hukum tertulis, tetapi juga pada sumber hukum yang tidak tertulis, yurisprudensi tetap dan doktrin/ajaran ilmu pengetahuan. Bahkan juga bersumber pada asas-asas dalam hukum internasional, yang dalam penerapannya / implementasinya erat berkait dengan bidang hukum perdata, hukum pidana dan hukum administrasi. Sehubungan dengan itu erat kaitannya dengan sistem hukum suatu negara dan sistem kesehatan nasional suatu negara. Analisis dan pembahasan permasalahan aktual dalam masyarakat dengan demikian erat berkaitan dengan cara pendekatan holistik komprehensif.

 IKM 314    Riset Operasional dan Analisis Sistem

Dalam mata ajaran ini akan di bahas konsep pendekatan dan metodologi ROAS, analisis sistem, berbagai metode ROAS seperti pengendalian persediaan (inventory), peramalan, linier programming, antrian (query) dan contoh-contoh aplikasinya pada pelayanan kesehatan.

 IKM – 315    Penelitian dan Penulisan Tesis

Metode penelitian untuk  cara penulisan  dan pengolahan  data penelitian dari  penulisan proposal penelitian, hasil penelitian dan penulisan Tesis..

IKM – 316    Analisis & Aplikasi Kebijakan Kesehatan

Memahami dan menganalisis kebijakan kesehatan serta faktor-faktor yang mempengaruhi terjadinya suatu kebijakan.

IKM 400   Seminar

Seminar proposal penelitian

IKM 500   Penelitian / Tesis

Melakukan penelitian dan ujian seminar hasil penelitian sampai dengan tesis.

Kontak Cepat

Informasi lanjut, hubungi :
° 0431–828265, (PS-IKM)
° 081340292823 (Aty)
° 081356177131 (Firgin)

User Login

Download Liflet