Kajian Administrasi dan Rumah SAkit (KARS)

PENDAHULUAN

Kurikulum Kajian Administrasi Rumah Sakit (KARS) Program Studi Ilmu Kesehatan Masyarakat Pascasarjana Universitas Sam Ratulangi diinspirasi oleh meningkatnya tantangan yang dihadapi oleh industri perumahsakitan. Oleh karenanya kurikulum KARS dirancang untuk mampu menyiapkan pemimpin dan manajer rumah sakit yang mempunyai kerangka pikir manajemen yang tepat. Pertama, pemimpin dan manajer rumah sakit harus memiliki fokus yang kuat terhadap pasien dan keselamatan pasien, yang diterapkan dalam seluruh fungsi manajemen di Rumah Sakit. Kedua, upaya peningkatan mutu dilakukan secara berlanjutan, dimulai dengan fokus pada pasien atau masyarakat, sistem mikro pelayanan, sistem maktor organisasi dan lingkungan eksternal rumah sakit, sesuai dengan konsep rantai perbaikan mutu Berwick (2002). Terakhir, pemimpin atau manager tidak hanya mencermati fungsi-fungsi manajerial dengan metode pembelajaran konvensional, akan tetapi menggunakan proses yang mendorong pembelajaran para pemimpin / manajer rumah sakit. Prinsip-prinsip pembelajaran reflektif oleh Mintzberg (2004) di terapkan di Kajian Administrasi Rumah Sakit PROGRAM STUDI ILMU KESEHATAN MASYARAKAT  PASCASARJANA UNSRAT.

Program studi Kajian Administrasi Rumah Sakit mendasarkan kurikulum pada falsafah ilmu administasi/manajemen dan kebijakan kesehatan dengan tujuan agar peserta program mempunyai wawasan, pengetahuan, ketrampilan, perilaku dan etika pengelolaan rumah sakit yang berfokus pada pendekatan sosio-ekonomik, manajemen strategis (top level management) dan perkembangan teknologi mutakhir perumasakitan.

Tingkat kompetensi keilmuan yang akan dimiliki, disamping untuk mengatasi problematika kegiatan di RS, juga dapat diterapkan pada bidang institusi berbasis kesehatan lain dan institusi yang tidak berbasis kesehatan/RS, sehingga seluruh bidang keilmuan strata 1 dapat ikut dalam program ini.

KURIKULUM BIDANG MINAT KAJIAN ADMINISTRASI RUMAH SAKIT

 

SEMESTER

KODE MK

MATA KULIAH

SKS

I

 

(14 SKS)

IKM–116

IKM–117

IKM–118

IKM–119

IKM–120

IKM–121

IKM–122

Filsafat Ilmu AdministrasiIlmu Administrasi dan Kebijakan Kesehatan

Manajemen Logistik dan Obat

Manajemen Mutu Rumah Sakit

Manajemen Keperawatan

Sosio Antropologi Kesehatan

Metodologi Penelitian dan Statistika

 

1

2

2

2

2

2

3

II

 

(13 SKS)

IKM–270

IKM–271

IKM–272

IKM–273

IKM–274

IKM–275

IKM–310

Statistika ManajemenEpidemiologi Klinik dan Infeksi Nosokomial

Ekonomi Kesehatan

Aspek Hukum Rumah Sakit

Manajemen Strategik Bidang Perumahsakitan

Seminar Perumahsakitan

Manajemen Sumber Daya Manusia

 

2

2

2

1

2

2

2

III

 

(13 SKS)

IKM–370

IKM–371

IKM–372

IKM–373

IKM–374

IKM–375

Perilaku Organisasi dan PerubahanSistim Informasi Rumah Sakit

Manajemen Keuangan Rumah Sakit

Residensi & Manajemen Ilmiah Bidang Perumahsakitan

Manajemen Pemasaran Bidang Kesehatan

Metlit Lanjut & Penulisan Tesis

 

2

2

2

3

2

2

IV

(7 SKS)

IKM–400

IKM–500

SeminarPenelitian dan Penulisan Tesis

1

6

 

SILABUS MATA KULIAH

IKM–116  Filsafat Ilmu Administrasi (1 SKS)

Dalam mata kuliah ini dibahas sejarah sumber pengetahuan, pengertian filsafat, ilmu dan filsafat ilmu: Hakikat Ontologi, epistemology (metodologi ilmu), dan aksiologi ilmu, paradigma ilmu kesehatan dan rumah sakit, etika moral keilmuan, sarana ilmu.

IKM– 117 Ilmu Administrasi dan Kebijakan Kesehatan (2 SKS)

Mata kuliah ini mempelajari dan mendiskusikan pengertian, bidang ilmu, ruang lingkup dan bidang kajian, alat dan metoda, perkembangan ilmu administrasi, manajemen, organisasi dan kebijakan, termasuk kepemimpinan, khususnya aplikasi di bidang kesehatan.

IKM– 118   Manajemen Logistik dan Obat (2 SKS)

Mata kuliah Manajemen Logistik dan Obat akan memberikan ulasan secara umum tentang manajemen logistik, sejarah dan implementasi nyatanya di dunia usaha saat ini.

Pembahasan juga menyangkut contoh-contoh keberhasilan implementasi manajemen logistik, baik yang konvensional, maupun yang menggunakan Teknologi Informasi. Para mahasisw akan menyadari pentingnya implementasi manajemen logistik dan obat, terutama dari aspek finansial dan kualitas layanan kepada pasien, bagaimana menyeimbangkan kepentingan manajemen, pasien, dokter, maupun vendor atau distributor, bagaimana penerapan formularium rumah sakit sehubungan dengan penerapan manajemen logistik dan obat di rumah sakit.

Para mahasiswa juga akan mempelajari penggunaan tools Manajemen Logistik, serta implementasi praktisnya di rumah sakit.

IKM– 119   Manajemen Mutu Rumah Sakit (2 SKS)

Membahas konsep dan definisi mutu layanan rumah sakit (mutu, sistem mutu, organisasi mutu, menjaga mutu); dibahas mulai metode, teknik serta piranti mutu.

IKM– 120    Manajemen Keperawatan (2 SKS)

Manajemen keperawatan mempelajari tentang penerapan prinsip-prinsip manajemen dan kepemimpinan keperawatan dalam memberikan asuhan keperawatan kepada klien yang berfokus pada penerapan model asuhan keperawatan profesional meliputi perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan pengawasan. Penekanannya meliputi penggunaan keterampilan manajemen dan kepemimpinan pada asuhan klien secara menyeluruh melalui manajemen pelayanan keperawatan (MAKP) dan berupaya memprakarsai penibahan yang efektif dalam sistem asuhan keperawatan

IKM– 121    Sosio Antropologi Kesehatan (1 SKS)

Dipelajari tentang faktor sosial dan budaya dari masyarakat yang berkaitan dengan terjadinya kesakitan. Sistem norma, nilai dan aspek lain dari kebudayaan yang berpengaruh terhadap derajat kesehatan masyarakat, khususnya masyarakat rumah sakit. Dengan menguasai ilmu ini diharapkan seorang perencana pelayanan kesehatan akan memperhatikan faktor sosial dan budaya masyarakat dimana dia bekerja dalam merencanakan bentuk pelayanan yang sesuai.

IKM– 122    Metodologi Penelitian dan Statistika (3 SKS)

Dalam mata ajaran ini, mahasiswa di ajak untuk memahami biostatistik dan dasar metodologi penelitian. Pengertian tentang probabilitas, populasi, sampel, teknik estimasi serta uji hipotesis akan di bahas secara praktis. Di samping itu, konsep dan pengertian dasar metodologi penelitian, estimasi dan proyeksi penduduk serta pemanfaatan penelitian di bidang kesehatan masyarakat juga akan di bahas.

IKM– 270    Statistika Manajemen (2 SKS)

Dalam mata kuliah ini dibahas konsep statistika, pengertian populasi dan sampel, statistika deskriptif dan inferensial, beberapa teknik uji statistik parameterik dan nonparametrik, termasuk cara penggunaannya melalui pemanfaatan perangkat lunak komputer, serta menafsirkan hasil analisis statistik dan menerapkannya dalam penelitian, terutama untuk menunjang pengelolaan administrasi rumah sakit.

IKM– 271    Epidemiologi Klinik & Infeksi Nosokomial (2 SKS)

Dalam mata kuliah ini dibahas pengertian dasar-dasar epidemiologi dan penggunaan metode epidemiologi di klinik atau rumah sakit. Dibahas pula pengertian dan penggunaan disain penelitian epidemiologi yang lazim di pakai atau rumah sakit.

Dalam mata kuliah infeksi nosokomial:

  1. Pendahuluan
  2. Perencanaan program pengendalian infeksi berbasis akreditasi rumah sakit
  3. Beberapa teori penting untuk Dalin

3.1. Surveylance

3.2. Autoseptic, Desinfectan & Sterilisasi

3.3. Compliance Rate

3.4. Indikator-indkator Dalin

3.5. Standar Operating Procedure (SOP)

IKM– 272   Ekonomi Kesehatan (2 SKS)

Membahas dasar teori ekonomi mikro; teori anggaran, permintaan, pilihan dan penyediaan; keseimbangan pasar. Dibahas pula konsep dan kajian ekonomi yang diterapkan di bidang kesehatan; pengukuran dan perhitungan kebutuhan dan penyediaan pelayanan kesehatan; distribusi pelayanan kesehatan; subsidi pembiayaan; serta sistem asuransi kesehatan.

IKM– 273  Aspek Hukum Rumah Sakit (1 SKS)

Dalam mata kuliah ini dibahas pengertian tentang sistem hukum dan sistem pidana di Indonesia kemudian dikaitkan dengan tindakan tenaga kesehatan dan rumah sakit yang berakibat sanksi hukum. Dalam pelaksanaan pelayanan kesehatan, dibahas tentang hak dan kewajiban rumah sakit, tenaga kesehatan dan pasien secara timbal balik.

IKM– 274   Manajemen Strategik Bidang Perumahsakitan (2 SKS)

 

IKM– 275    Seminar Perumahsakitan (2 SKS)

Dalam materi pelajaran ini diharapkan peserta menentukan topik permasalahan yang akan dibahas dalam seminar dengan memilih suatu artikel atau jurnal. Peserta diharuskan melakukan analisis melalui kritik terhadap konsep teori dan metode penelitian yang dipakai dalam artikel tersebut. Pemilihan topik dan artikel disesuaikan dengan rencana tesis yang akan dibuat oleh peserta dengan persetujuan pembimbing

IKM– 310    Manajemen Sumber Daya Manusia (2 SKS)

Membahas manajemen Sumber Daya Manusia (perencanan, rekruitmen dan seleksi, sosialisasi, pendidikan dan pelatihan) dibahas pula riset Sumber Daya Manusia dan penilaian kinerja individu, kelompok dan organisasi rumah sakit

IKM–370    Perilaku Organisasi dan Perubahan (2 SKS)

Membahas hubungan antar manusia dalam suatu organisasi, masalah sosial serta perubahan sosial dalam perkembangan suatu organisasi, khususnya organisasi pelayanan kesehatan. Dibahas pula pendekatan-pendekatan dalam pengembangan perilaku organisasi, gaya kepemimpinan, pola kerjasama dan proses belajar dalam suatu perubahan

IKM–371    Sistim Informasi Rumah Sakit (2 SKS)

Menerangkan pengertian, prinsip, konsep dan pengembangan Sistem Informasi Manajemen. Didiskusikan tentang aplikasi Sistem Informasi Manajemen pada organisasi Rumah Sakit. Dibahas kasus Sistem Informasi Manajemen pada beberapa tingkat manajerial Rumah Sakit.

IKM– 372   Manajemen Keuangan Rumah Sakit (2 SKS)

Dalam mata kuliah ini dibahas kebutuhan modal kerja untuk operasional Rumah Sakit melaksanakan fungsi perencanaan sumber-sumber dana untuk memilih dan menentukan keputusan investasi yang menguntungkan Rumah Sakit.

IKM– 373   Residensi dan Manajemen Ilmiah Bidang Perumahsakitan (3 SKS)

Residensi / magang adalah salah satu bentuk proses  pembelajaran aktif pada mahasiswa mengenai Rumah Sakit diakhir perkuliahan. Program ini memberikan pengalaman manajemen secara nyata di lahan RS secara mandiri dan terstruktur dalam kurun waktu tertentu dengan bimbingan dari pembimbing lapangan (Direktur Rumah Sakit) dan pembimbing akademik. Kegiatan residensi tersebut sebagai umpan balik untuk melakukan evaluasi kekurangan pemberian Mata Kuliah sehingga dapat meningkatkan kualitas akademik. Mahasiswa mendapatkan kumpulan kasus nyata manajemen RS terkini sebagai bahan pembelajaran mahasiswa angkatan selanjutnya. Harapannya agar melalui residensi terbinanya hubungan kerjasama yang saling menguntungkan antara Program Studi dengan RS, manfaatnya bagi RS kegiatan residensi tersebut dapat memanfaatkan tenaga terdidik untuk kepentingan manajemen RS dan mempunyai kesempatan untuk merekrut tenaga manajer lulusan S2 Manajemen RS.

IKM– 374     Manajemen Pemasaran Bidang Kesehatan (2 SKS)

Dalam mata kuliah ini dibahas perkembangan filosofi dan konsep pemasaran serta ruang kajian pemasaran jasa, pengertian strategi dan taktik pemasaran, konsep perilaku konsumen, kepuasan pelanggan, pemasaran internal dan interaktif, hukum dan prinsip pemasaran. Dibahas pula riset pemasaran. Disinggung juga konsep kewirausahaan.

IKM– 375     Metodologi Penelitian Lanjut dan Penulisan Tesis (2 SKS)

IKM 400   Seminar

Seminar proposal penelitian

IKM 500   Penelitian / Tesis

Melakukan penelitian dan ujian seminar hasil penelitian sampai dengan tesis

 

 

 

 

 

Kontak Cepat

Informasi lanjut, hubungi :
° 0431–828265, (PS-IKM)
° 081340292823 (Aty)
° 081356177131 (Firgin)

User Login

Download Liflet